Jumat, April 17, 2009

Laptop Toshiba A200


There! That's my (office) laptop. Toshiba A200. Dari yang gw ga peduli/ngeh dengan tipe apa laptop itu (cuma tahu kalau itu laptop Toshiba) sampe gw apal diluar kepala. Kenapa? Karena laptop kamfret itu rusak!

Rusak! He eh! Rusak! Kena virus! Kenapa? Mau ketawa? Kena virus aja kok dah heboh, kata lo? What? Do you own a laptop/PC that you really cared about that you'll cry out loud if something bad happen to it? No? Well, that explain things.

Ok, bukan virusnya yang bikin gw nyaris nangis biarpun, yeah, gw emang nyaris nangis beneran karena putus asa ketika Toshiba A200 kamfret itu kena virus (don't ask me how it get the virus *manyun*). Gejala awalnya ketika antivirus yang gw pasang terus-terusan pop up (itu pake mcaffee, kebayang pake avira bunyi terus ga berhenti-berhenti). Gw coba matiin, idupin, install anti virus baru... MALAH LEBIH PARAH. Dan virusnya pun rada edan : the usual window32 dan font. Gile men, font! Gw gaptek ga ngerti apa-apa jadi no comment ajalah kecuali ber-manyun ria.

PC yang dulu gw pake juga pernah kena virus yang nyerang windows32. Nyaris gila gw dengerin suara avira yang muncul ga berhenti-berhenti. Non stop kecuali gw matiin PC-nya. Semua data gw ada di PC itu!! Akhirnya diinstall ulang dan beres. Gw baru keingetan soal PC itu (karena gw dah beralih kompi dari kapan tau--sekarang PC Server + Laptop) setelah gw berusaha selama 2 jam, keringetan bolak-balik on-off laptop pake tombol off-nya bukan dari tombol startnya dan nge-hang pula (blank pas nyala cuma keliatan cursornya aja) yang bikin gw dari panik karena takut kalau kelakuan gw yang sedang freak out itu malah bakalan bikin tu laptop tambah rusak.

Akhirnya gw sms orang kantor gw minta supaya besok dia bawa windows XP lengkap dengan officenya. Okelah besoknya kita coba. Gw harus mengurus sebuah dokumen penting dan dokumennya ada di laptop!! Akhirnya gw sampe ngetik dokumennya di tempat tujuan ga kek biasanya tinggal transfer via flashdisk. Pas di install (repair doank) ga bisa-bisa. Akhirnya install full dan hilanglah semua data saya. Bukan cuma data dan instalan belaka tapi juga driver Toshiba bawaan (yang awalnya untuk vista tapi di-down-grade jadi XP) ILANG! BLANK!

Panik.

Gw harus gimana iniiiiiiiiiiiiii??!!

Kecerdasan gw dan karena gw ngintip speedy masih nyala gw pun mulai searching di berbagai website gimana caranya untuk install driver2 standar untuk Toshiba. Dari yang awalnya ga ngeh sama sekali tipe Toshiba-nya apa sampe hunting data abis-abisan dan ngecek bentuk laptop di google. Terutama driver Realtek untuk sound. Kenapa? Karena setelah diinstall ulang, gw baru ngeh kalau laptopnya blank setelah gw mau nyalain video hasil donlotan kemaren yang belom di tonton sama sekali karena sibuk gak jelas--ternyata GA ADA SUARANYA!!!

Aaaaaaahhhhh!!!

Sekarang gw bingung mau ngapain. Semua driver yang gw butuhin dah didonlot tapi tetep aja. :|

Mudah-mudahan bos gw bersedia betulin ke teknisi dan upgrare RAM sama HDD dan install vista (setelah gw recokin tiap 15 menit)