Rabu, April 08, 2009

Patience


Patience is all I got and all that I kept saying to myself and the people around me these days. I'm a patience person but sometimes my patience got tested, as all the things around me are test to see whether I can handle it properly or not. I tried to gather some hadith about patience, and this is what I got from my trusty Google search engine :

Allah, the Exalted, says:

"O you who believe! Endure and be more patient..". (3:200)

"And certainly, We shall test you with something of fear, hunger, loss of wealth, lives and fruits, but give glad tidings to As-Sabirun (the patient)". (2:155)

"Only those who are patient shall receive their reward in full, without reckoning.'' (39:10)

"And verily, whosoever shows patience and forgives, that would truly be from the things recommended by Allah.'' (42:43)

"Seek help in patience and As-Salat (the prayer). Truly, Allah is with As-Sabirun (the patient).'' (2:153)

"And surely, We shall try you till We test those who strive hard (for the Cause of Allah) and As-Sabirun (the patient)'' (47:31)

There are numerous Verses of the Noble Qur'an inculcating patience and extolling it.

25. Abu Malik Al-Harith bin Asim Al-Ash`ar (May Allah be pleased with him) reported that: The Messenger of Allah (PBUH) said: "Wudu' is half of Salah; the utterance of (Al-hamdu lillah - all praise belongs to Allah) fills the Scales of good actions; the utterance of (Subhan Allah wa Al-hamdu lillah) (Allah is far removed from every imperfection and all praise belongs to Allah) fills the space between the heavens and the earth, and Salat (prayer) is light; and charity is the proof of Faith; and endurance is light, and the Qur'an is a plea in your favour or against you. Every person departs; he either ransoms it or puts it into perdition".
[Muslim].

I got those from here.

Pentingnya kesabaran sampai diulang-ulang di dalam Al-Qur'an dan Al=Hadith. Ini beberapa yang gw dapet dari sini tentang kesabaran dalam Al-Qur'an dan Al-Hadith (sama kek di atas tapi berbahasa Indonesia) :

Al Qur’an berbicara mengenai sabar

1. Sabar merupakan perintah dari Allah. “Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan shalat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (Al-Baqarah: 153). Ayat-ayat yang serupa Ali Imran: 200, An-Nahl: 127, Al-Anfal: 46, Yunus: 109, Hud: 115.

2. Larangan isti’jal (tergesa-gesa). “Maka bersabarlah kamu seperti orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari rasul-rasul dan janganlah kamu meminta disegerakan (azab) bagi mereka…” (Al-Ahqaf: 35)

3. Pujian Allah bagi orang-orang yang sabar: “…dan orang-orang yang bersabar dalam kesulitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar imannya dan mereka itulah orang-orang yang bertaqwa.” (Al-Baqarah: 177)

4. Allah sangat mencintai orang-orang yang sabar. “Dan Allah mencintai orang-orang yang sabar.” (Ali Imran: 146)

5. Kebersamaan Allah dengan orang-orang yang sabar. Artinya Allah senantiasa akan menyertai hamba-hamba-Nya yang sabar. “Dan bersabarlah kamu, karena sesungguhnya Allah itu beserta orang-orang yang sabar.” (Al-Anfal: 46)

6. Mendapatkan pahala berupa surga dari Allah. (Ar-Ra’d: 23 - 24)

Hadits berbicara tentang sabar

1. Kesabaran merupakan “dhiya’ ” (cahaya yang amat terang). Karena dengan kesabaran inilah, seseorang akan mampu menyingkap kegelapan. Rasulullah mengungkapkan, “…dan kesabaran merupakan cahaya yang terang…” (HR. Muslim)

2. Kesabaran merupakan sesuatu yang perlu diusahakan dan dilatih secara optimal. Rasulullah pernah menggambarkan: “…barang siapa yang mensabar-sabarkan diri (berusaha untuk sabar), maka Allah akan menjadikannya seorang yang sabar…” (HR. Bukhari)

3. Kesabaran merupakan anugerah Allah yang paling baik. Rasulullah mengatakan, “…dan tidaklah seseorang itu diberi sesuatu yang lebih baik dan lebih lapang daripada kesabaran.” (Muttafaqun Alaih)

4. Kesabaran merupakan salah satu sifat sekaligus ciri orang mukmin, sebagaimana hadits yang terdapat pada muqadimah; “Sungguh menakjubkan perkara orang yang beriman, karena segala perkaranya adalah baik. Jika ia mendapatkan kenikmatan, ia bersyukur karena (ia mengatahui) bahwa hal tersebut adalah memang baik baginya. Dan jika ia tertimpa musibah atau kesulitan, ia bersabar karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut adalah baik baginya.” (HR. Muslim)

5. Seseorang yang sabar akan mendapatkan pahala surga. Dalam sebuah hadits digambarkan; Dari Anas bin Malik ra berkata, bahwa aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya Allah berfirman, ‘Apabila Aku menguji hamba-Ku dengan kedua matanya, kemudian dia bersabar, maka aku gantikan surga baginya’.” (HR. Bukhari)

6. Sabar merupakan sifat para nabi. Ibnu Mas’ud dalam sebuah riwayat pernah mengatakan: Dari Abdullan bin Mas’ud berkata”Seakan-akan aku memandang Rasulullah saw. menceritakan salah seorang nabi, yang dipukuli oleh kaumnya hingga berdarah, kemudia ia mengusap darah dari wajahnya seraya berkata, ‘Ya Allah ampunilah dosa kaumku, karena sesungguhnya mereka tidak mengetahui.” (HR. Bukhari)

7. Kesabaran merupakan ciri orang yang kuat. Rasulullah pernah menggambarkan dalam sebuah hadits; Dari Abu Hurairah ra berkata, bahwa Rasulullah bersabda, “Orang yang kuat bukanlah yang pandai bergulat, namun orang yang kuat adalah orang yang memiliki jiwanya ketika marah.” (HR. Bukhari)

8. Kesabaran dapat menghapuskan dosa. Rasulullah menggambarkan dalam sebuah haditsnya; Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullan saw. bersabda, “Tidaklah seorang muslim mendapatkan kelelahan, sakit, kecemasan, kesedihan, mara bahaya dan juga kesusahan, hingga duri yang menusuknya, melainkan Allah akan menghapuskan dosa-dosanya dengan hal tersebut.” (HR. Bukhari & Muslim)

9. Kesabaran merupakan suatu keharusan, dimana seseorang tidak boleh putus asa hingga ia menginginkan kematian. Sekiranya memang sudah sangat terpaksa hendaklah ia berdoa kepada Allah, agar Allah memberikan hal yang terbaik baginya; apakah kehidupan atau kematian. Rasulullah saw. mengatakan; Dari Anas bin Malik ra, bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Janganlah salah seorang diantara kalian mengangan-angankan datangnya kematian karena musibah yang menimpanya. Dan sekiranya ia memang harus mengharapkannya, hendaklah ia berdoa, ‘Ya Allah, teruskanlah hidupku ini sekiranya hidup itu lebih baik untukku. Dan wafatkanlah aku, sekiranya itu lebih baik bagiku.” (HR. Bukhari Muslim)


And why do I have to be patience yesterday? Cos my Internet s**ks. Hahah... lame excuse. But it's true!

Dengan laptop (kantor) gw yang sedang dipake sama bos gw untuk pembuatan tesis dan seminar proposal tesisnya dan spidi yang kacrut sepanjang hari (on-off mulu) belom lagi leletnya yang parah abis karena spidi di kantor gw kan di sharing di 10-an lebih komputer. Gw biasanya juga onlen via PC + spidi karena kadang onlen dari laptop kan ribet, mesti nunggu nyala dulu, naro laptopnya dimana juga kadang bingung, belom lagi ga praktis kalau ada kerjaan mendadak, semua data ada di PC. Jadilah gw seringnya onlen di PC daripada di laptop. Onlen di laptop cuma kalau spidi ngeror kek kemaren. Berhubung laptopnya dipake si bos jadi yah...

Padahal gw sedang berusaha untuk buka kelas di IH, gw pengen rapat bareng anak-anak yang lain ngebahas ini itu (yang end up gw berusaha onlen dan deceh mulu dan rapatnya ga jalan2 karena nungguin gw semua), gw pengen nge-rep Recha di 3 Broomstick, gw pengen donlot ini-itu, gw pengen nge-plurk dari PC, gw pengen YM tanpa bikin jempol gw kapalan biarpun cuma beberapa menit, gw pengen baca-baca blog alias blog walking tanpa mata sepet karna melototin layar seupil, gw pengen nge-blog buat mencurahkan uneg-uneg. Tapi ga bisa.

Dan gw harus sabar.

Selain karena alasan yang gw ungkapin di atas, sebenarnya gw berusaha untuk sabar beberapa hari ini dikarenakan keluhan orang-orang yang ada di sekitar gw. Ini mendorong gw untuk membuat entry tentang keluhan di entri sebelum ini. Kalau lo mengeluh, you'll do nothing but to make the situation even worst in your head. Saat itulah lo perlu yang namanya 'sabar'. Gw nyaris ngeluh tentang orang-orang yang ngeluh. Lol. When that's happening, there's something wrong. Lol.

Sekali lagi, gw harus sabar.

Patience is hard. Makanya ampe diulang-ulang di hadith dan Qur'an. Karena itu adalah karakter yang menunjukkan tingkat kedewasaan seseorang dimata Allah SWT (dan orang lain). Kalau gampang tentunya Allah ga akan sampai menuntut kesabaran dari umatnya sampai disebutkan beberapa kali kek gitu kan? It's not easy to be patience.

But sometimes, you really need to give up to the situation and be patience.

Ketika lo udah tidak memegang kendali situasi dan everything goes out of hand, what else can you do? Mau ngadat? Mau melepaskan kemarahan lo ke semua orang yang berani mendekat? Mau banting-banting piring/boneka/bantal? Mau mukul tembok? Itu semua cuma tanda kefrustasian untuk melepaskan kekesalan cos you can't do anything to fix the situation. Semuanya lepas kendali. Lo ga bisa melakukan apa-apa terhadap situasi yang berkembang di sekitar lo.

Pada saat itu terjadi, apa yang akan lo lakukan? Marah-marah dan membuat orang di sekitar lo menjauh dari lo satu persatu dan/atau hilang respect ke elo karena lo selalu menunjukkan sisi terburuk lo setiap kali lo ada masalah (and let me tell you, masalah lo itu ga cuma ada satu, dua... BANYAK. Akan ada masalah terus selama lo hidup sampai lo meninggal nanti.)? Do you go drama-queen and start weeping and crying about it?

Here's a little tip for you :

If you're not going to die tomorrow cos of your problem... it's worth to be patience.
Kalau lo ga bakalan mati besok cuma karena masalah lo... Sabar aja!

Patience is hard... but it's worth it. And there's a reward for it, InsyaAllah.

7 komentar:

~PakKaramu~ mengatakan...

Salam,

Sabar, Sabar, Sabar !

Kalo sudah tidak bisa sabar bagaimana ?

Rere mengatakan...

Wa alaikum salam.

Itu kan cobaan. Ujian. Kalau dah ga bisa sabar ya ngucap dunk, nyebut : astaghfirullah al adzim.

Trus wudhu dan shalat.

Kalau masih ga bisa sabar juga, berarti anda kurang beriman. :)

Setiap masalah pasti ada pemecahannya, apakah anda cukup beriman untuk mempercayai bahwa Allah akan memecahkan masalah anda atau tidak itu yang jadi pemikiran. Lol.

CapCus mengatakan...

sabar bukan milik kita manusia, sabar bagi gw sebuah rahmat dan patut untuk di perjuangankan

salammm

Rere mengatakan...

sabar bukan milik manusia? *bingung*

Asha mengatakan...

Patience is a virtue :) JazakAllah khair for quotes from Quran and Hadith!

Rere mengatakan...

Your welcome, Asha. :)

Pitiful Kuro mengatakan...

jeng jeng.. nohok men =))