Senin, April 06, 2009

Pola Kepribadian

Well, pola kepribadian seseorang umumnya terbagi empat. Seseorang normalnya mempunyai empat unsur pola kepribadian ini tapi ada satu pola kepribadian yang menonjol secara kuat. Berdasarkan kuis dan keterangan yang gw ambil dari sini, gw coba untuk ngasih informasi singkat tentang hal ini. Oke, buat yang ngerasa, gw emang ga terlalu suka sama pembatasan label bahwa seseorang itu koleris jadi begini, seseorang itu phlegmatis jadi begitu, karena dari yang gw baca, emang seseorang itu pasti mempunyai sedikit dari unsur empat karakter itu. Nah, gw mengikuti kuis itu

kuis-kepribadian1

dan baca keterangannya di sini :

bagaimana-pola-kepribadianmu

Hasilnya :


a = Koleris 18

b = Sanguinis 11

c = Phlegmatis 23

d = melankolis 32

Walah, kok ini malah beda lagi ama hasil kuis facebook gw? =))

Dari hasil kuis di facebook, hasilnya karakter dominan gw adalah phlegmatis (seperti yang telah saya copas di bawah) dan gw juga mengakui klo dari tanda-tandanya ya emang gw banget. Keknya klo berdasarkan keterangan di hasil kuis bahwa jumlah dua yang tertinggi adalah karakter ter-dominan gw berarti karakter dominan gw adalah melankolis-phlegmatis. Koleris menempati tempat ketiga sementara sanguinis terakhir. Gw emang ga bakat jadi orang sanguinis. *lirik Accit* =))

Let's see what's my character is, shall we?

Melankolis

· Saya suka ide dan saran yang praktis

· Saya ingin tahu secara tepat hal apa yang sebenarnya diharapkan dari Saya

· Saya tidak suka keadaan yang berantakan

· Saya suka menyelesaikan apa yang telah Saya mulai

· Saya suka rutinitas yang berlanjut

· Saya tidak suka konflik

· Saya suka hal teknis yang menuntut pemikiran dan perencanaan

· Saya pikir saya sering khawatir

· Saya suka tugas yang khusus

· Saya suka perintah yang jelas


Phlegmatis

· Saya suka kerja kelompok dan kerja sama

· Saya suka hal pasti

· Saya suka mengerjakan satu hal dalam satu waktu

· Saya suka tetap berpegang pada hal/cara yang saya tahu bisa berhasil

· Saya tidak suka pertentangan

· Saya suka keadaan yang stabil dan tidak berubah/status quo

· Saya suka hal yang praktis semakin praktis semakin baik

· Saya tidak suka perdebatan

· Saya tidak suka perubahan mendadak

· Saya suka mengetahui terlebih dahulu apa yang akan terjadi di depan


Hahah! That is so true! Dua-duanya bener lho. =)

Let's see what's next :

Melankolis

· Saya suka kualitas/mutu

· Saya tidak suka terlalu banyak hal yang bodoh

· Saya suka tugas yang detail/terperinci

· Saya suka informasi yang bersifat logis/masuk akal

· Saya suka grafik

· Saya suka menemukan solusi yang kreatif

· Saya suka diyakinkan kembali mengenai sesuatu

· Saya suka keadaan yang rapi/teratur

· Saya punya standar yang tinggi bagi saya dan orang lain

· Saya cenderung menjadi seorang perfeksionis

· Saya suka dipuji atas kerja yang baik

· Saya mengerjakan hal step by step


Phlegmatis

· Saya suka gaya hidup yang stabil

· Saya suka menyenangkan orang

· Saya suka menikmati hidup

· Saya tidak suka memulai proyek/tugas baru

· Saya bahagia bila melihat orang lain bahagia

· Saya tidak dapat bekerjasama dengan orang yang agresif

· Saya suka merasa dihargai

· Saya suka rutinitas

· Saya tidak suka hal yang “menantang”

· Saya tidak keberatan diberitahu apa yang harus dikerjakan

· Saya menikmati menyelesaikan tugas


TIPS! On how to deal with my characters. Lol. =))

Melankolis

· Ungkapkan sisi pro dan kontra secara seimbang

· Berlaku spesifik/pasti mengenai perjanjian

· Berpikir dengan pola menjawab pertanyaan “MENGAPA?”

· Berikan data yang jelas dan akurat

· Hindari kejutan-kejutan

· Tunjukkan bagaimana mereka bisa mengerjakan/masuk

· Saya tidak suka konflik

· Antisipasi pertanyaan mereka dan siapkan jawaban yang berbobot

· Berlaku sabar dan berbicara dengan lambat saat memberikan hal yang bersifat detail

· Memikirkan kembali pemikiran anda secara jelas


Phlegmatis

· Berlaku menyetujui dan jangan bersifat mendesak

· Tunjukkan minat secara tulus

· Berpikir dengan pola menjawab pertanyaan “BAGAIMANA?”

· Tunjukkan kesabaran

· Jelas dan tunjukkan hal yang bersifat detail secara perlahan-lahan

· Berikan waktu untuk menyesuaikan diri dengan perubahan

· Jelaskan sumbangan dan pelayanan berharga yang bisa mereka berikan

· Berikan tindak lanjut dan dukungan suara secara penuh

· Tunjukkan keuntungan dari tindakan mereka


Setiap kepribadian memiliki comfort zone : “Saya suka suasana di mana...”

Melankolis

· Ada rencana kerja yang pasti

· Saat kerja saya tidak diganggu/direpotkan oleh orang lain

· Tidak perlu terburu-buru

· Terdapat penjelasan tugas dan pekerjaan yang tepat dan rinci

· Ada kejelasan atas apa yang diharapkan untuk dicapai

· Perubahan dilakukan dengan perlahan dan hati-hati

· Saya dapat dihargai atas ide baru dan peningkatan yang saya lakukan


Phlegmatis

· Saya bisa bergabung dalam suatu

· Ada penghargaan yang tulus

· Ada kejadian dan rutinitas yang berulang

· Saya tidak harus buru-buru dan mendapat tekanan

· Tidak ada perubahan yang besar

· Kita mengkhususkan diri pada sedikit hal

· Saya tahu apa dan bagaimana batasan diri saya


GAYA BELAJAR

Melankolis

“Saya mau melakukan menurut CARA YANG BENAR”

“Jawab pertanyaan saya dengan informasi yang bermutu”

“Berikan saya fakta dan angka-angka”

“Ijinkanlah saya mengerjakan sedikit lebih banyak”

“Jelaskan apa yang diharapkan dari saya”


Phlegmatis

“Saya mau melakukan menurut CARA YANG MUDAH”

“Tolong agak perlahan sehingga saya dapat memproses perubahan ini”

“Tolong jelaskan sekali lagi”

“Bantu saya untuk mengerti hal ini”

“Saya ingin menyenangkan Anda”


CARA MENYESUAIKAN DIRI: AGAR TERJALIN HUBUNGAN YANG LEBIH BAIK DENGAN TIPE KEPRIBADIAN YANG LAIN

Anda seorang MELANKOLIS, Jadi jika Anda berhubungan dengan seorang:

  1. Koleris – Segera ceritakan pokok permasalahannya (bicara to the point). Jangan membuat mereka bosan dengan angka dan fakta-fakta. Berikan ide pokoknya. Tunjukkan keyakinan atas apa yang sedang Anda kerjakan. Tunjukkan hasil, tujuan, dan prestasi.
  2. Sanguin – Berikan mereka sedikit lebih banyak kesempatan untuk berbicara. Tertawalah bila cerita mereka itu lucu. Tunjukkan antusiasme. Jangan membuat mereka bosan dengan angka dan fakta-fakta. Bila memungkinkan, berikan mereka pengalaman dan kesenangan dengan mencoba produk atau ide yang Anda tawarkan kepada mereka agar mereka mencobanya sendiri
  3. Phlegmatis – Tunjukkan keramahan dan sikap bersahabat, jangan terlalu business-like . Berikan mereka “ruang dan waktu” untuk menerima presentasi Anda. Berceritalah tentang keluarga. Jangan mendesak. Bersikap sedikit lebih rileks
  4. Melankolis – Anda cocok bertemu dengan orang ini. Presentasi Anda yang menyeluruh dan terperinci akan sangat dihargai. Anda merlihat dengan cara yang sama dan ini akan menjadi presentasi terbaik Anda

    Hahah.. dan selama ini gw mikir klo tipe melankolis itu cuma tipe yang gampang mewek dan sensitipan. =)

Tidak ada komentar: