Senin, Juni 22, 2009

my newest obsession

LG KT 610

Communicator Mungil, Sudah HSDPA

Dilengkapi dengan speaker di bagian dalamnya, seri KT610 ini bak ponsel musik yang mampu mengeluarkan suara menggelegar.

Lama dinanti akhirnya seri communicator keluaran LG bisa ditemui di pasar. Berlabel KT610, ponsel ini memiliki desain yang mirip dengan communicator Nokia. Keunggulannya dalam hal desain adalah dimensinya yang cukup mungil dengan jajaran keypad komplet-nya alias QWERTY keyboard. Harga bandrolnya pun tidak setinggi communicator Nokia. LG mematok harga jual ponsel ini tidak lebih dari 3,5 jutaan.

Dalam hal teknologi khususnya aplikasi, KT610 sudah menggunakan sistem operasi symbian ver.9.2, S60. Seri ini mampu berjalan di jaringan HSDPA yang bakal membantu penggunanya untuk berselancar ke dunia maya dengan kecepatan tinggi. Masalah memori, kita tak perlu pusing dan khawatir kekurangan ruang untuk menyimpan data. Pabrikan asal Korea Selatan ini sudah menyediakan slot memori tambahan micro SD yang bisa menampung hingga 8 Gb. Berikut hasil pengujian SELULAR , komplet dengan penilaian dan beberapa catatan yang perlu diperhatikan :

DESAIN
Dalam kondisi terlipat, KT610 sepintas tak tampak sebagai seri communicator. Body-nya nampak gendut dan terlihat seperti ponsel candybar. Di bagian atas terletak slot untuk koneksi tenaga listrik alias charging. Slot ini juga berfungsi sebagai slot headset dan juga kabel data.
Pengujian: Menggenggam ponsel dan menyimpannya ke dalam saku.
Nilai: 3,3
Catatan: Terlihat gendut saat cover tertutup

KEYPAD
Full QWERTY keyboard. Inilah kesamaan ponsel ini dengan communicator Nokia. Di bagian depan terdapat tombol-tombol sebagaimana ponsel biasa. Kita bisa membuka menu-menu standar saat ponsel tertutup. Misalkan membaca dan mengirim SMS. Di bagian depan juga ada tombol shortcut kamera. Kita bisa melakukan pengambilan gambar/foto langsung dengan tombol khusus di kiri atas. Di samping kirinya terdapat dua tombol untuk mengatur volume sebagaimana ponsel-ponsel lainnya.
Pengujian: Mengoperasikan keypad luar dan dalam.
Nilai: 3,2
Catatan: Lebih nyaman bila menggunakan QWERTY keypad, terutama untuk menulis SMS

PORT
KT610 memiliki satu port yang selain berfungsi untuk koneksi charging juga sebagai port untuk menghubungkan perangkat audio seperti headset. Port ini juga berfungsi sebagai penghubung ke perangkat PC atau notebook menggunakan fasilitas kabel data.
Pengujian : Melakukan charging dan menghubungkan ponsel dengan headset.
Nilai: 3,2
Catatan: Tidak bisa mendengarkan musik menggunakan headset bila ponsel sedang di charge.

LAYAR
Ada dua layar yang berfungsi untuk menampilkan menu-menunya. Layar pertama yang ada di bagian depan berukuran hanya sebesar 1,45 inci. Sedangkan layar bagian dalam berukuran 2,4 inci. Untuk layar bagian luar tergolong kecil dan tidak nyaman untuk digunakan. Misalkan mengoperasikan kameranya dan membidik objek foto. Layar terlalu kecil dan hasil fotonya persegi panjang. Sementara untuk layar bagian dalam juga kecil untuk ukuran sebuah communicator. Saat membuka file office berformat word, kecilnya layar sangat terasa.
Pengujian: Memotret objek saat ponsel tertutup. Serta membuka file format doc di layar bagian dalam
Nilai: 3
Catatan: Lebih nyaman menggunakan layar dalam, termasuk memotret.

KAMERA
Seri ini berbekal kamera 2 MP. Kualitas hasil pengambilan gambarnya sangat baik di kelasnya. Sayangnya kamera KT610 tidak dibekali beberapa fitur penting untuk memaksimalkan hasil kameranya. Salah satunya adalah tanpa dibekali flash. Sehingga saat mengambil objek dalam kondisi kurang cahaya, dipastikan hasilnya akan buruk.
Pengujian: Membidik objek foto dan juga video
Nilai: 3
Catatan: Akan lebih maksimal bila memotret dengan menggunakan layar dalam.

OFFICE
Ini dia fitur utama atau pamungkas dari sebuah seri communicator. Fitur office yang akan memperlancar pekerjaan kantor sudah ada di seri ini. Pada awalnya hanya mampu untuk melihat file saja, namun pabrikannya sudah membenamkan aplikasi tambahan untuk menambah kemampuan editing. Format yang kompatibel dengan office-nya antara lain doc, xls, dan ppt).
Pengujian: Membuka file format doc.
Nilai: 3
Catatan: Supaya bisa editing, mesti download dulu aplikasi tambahan yang ada dalam memori ponsel.

KONEKTIVITAS
Menghubungkan perangkat ini ke PC atau notebook bisa dilakukan dengan beberapa cara. Fasilitas transfer data baik bluetooth dan kabel data bisa berfungsi dengan baik. Kita bisa memindahkan data antar perangkat tersebut dengan mudah. Selain foto dan juga video, kita juga bisa mengirim file kerjaan kantor lewat perangkat transfer ini. Mengirim file doc berukuran 48 kb dengan bluetooth berlangsung sangat cepat bahkan hanya sekedipan mata.
Pengujian: Mengirim berbagai file dari notebook lewat bluetooth.
Nilai: 3
Catatan: Ada baiknya beri nama bluetooth ponsel ini untuk memudahkan pencarian dan juga pairing.

INTERNET
Koneksi internetnya berjalan baik. Menggunakan jaringan HSDPA, koneksinya berjalan cukup baik dan sangat cepat. Kalau sinyal HSDPA tidak tertangkap dengan sempurna, ponsel otomatis memaksimalkan jaringan 3G-nya. Demikian pula bila 3G tidak tertangkap dengan baik, GPRS akan menggantikannya. Sayang tidak ada perangkat Wi Fi di ponsel ini. Padahal fasilitas tersebut merupakan fitur “wajib” untuk ponsel jenis ini.
Pengujian: Berselancar ke berbagai situs seperti www.selular.co.id
Nilai: 3
Catatan: Perhatikan kode akses di bagian penunjuk sinyal kiri atas layar. Itu mencerminkan jaringan apa yang sedang kita gunakan.

MEMORI
Kapasitas memori internal KT610 sebesar 60 Mb. Sedangkan untuk memori eksternalnya menggunakan micro SD yang bisa menampung hingga 8 Gb. Kapasitas memori yang sebesar itu tidak akan membuat pengguna kesulitan atau bermasalah saat menampung file-file ukuran besar.
Pengujian: Menyimpan file berbagai format dengan memori 2 Gb.
Nilai: 3,3
Catatan: Slot memori sudah hot swap, jadi tidak perlu melepas baterai untuk menyelipkan bahkan melepas memori.

SKOR AKHIR: 3,1

Kinerja
Secara keseluruhan kinerja LG KT610 tergolong baik. Saat digunakan untuk melakukan paggilan dan menerima panggilan suara yang terdengar cukup baik. Nyaris tanpa gangguan suara asing lainnya. Keterbatasan yang nampak sebagai ponsel Communicator adalah tak ada Wi Fi.

Kinerja Baterai
Data vendor: Baterainya mampu digunakan untuk siaga selama 200 jam dan waktu bicara nonstop selama 2 jam 30 menit

Tidak ada komentar: